Tips Merawat Bearing Roda Agar Awet

Cara Merawat Bearing Roda Agar Awet 

Fungsi utama bearing roda adalah sebagai pengunci poros roda, setiap masing-masing roda ada bearingnya,  komponen bearing ini jelas sangat penting dan vital, tanpa bearing roda tidak bisa berputar sebagaimana mestinya dan pastinya mobil tidak bisa jalan.

Semua komponen yang terdapat pada mobil pastinya membutuhkan perawatan yang benar agar umur bearing roda lebih panjang dan tidak gampang rusak.

Seringkali kita mengalami bearing mobil mudah sekali rusak dan dalam kurang dari satu tahun kita sudah keluar uang untuk melakukan perbaikan atau penggantian bearing roda mobil akibat rusak.

Untuk kerusakan bearing roda bisa kita cegah ataupun kita hindari dengan mengikuti beberapa tips dibawah ini:

1. Jangan ngebut di jalanan jelek, kadang kala ada orang yang memiliki mobil baru yang cara berkendaranya ugal ugalan, jalanan jelek bergelombang serta berkerikil pun dilibas dengan kecepatan tinggi karena merasa suspensi mobil baru tersebut nyaman, namun diluar itu, mobil yang cara pemakaiannya seperti ini tidak lama bearing roda akan cepat rusak akibat tingginya getaran yang diterima oleh si bearing. 

2. Tidak pernah menyetel bearing, mobil sekelas kijang kapsul ataupun isuzu panther memiliki bearing yang dapat disetel kekencangannya. Sebaiknya sesekali diperiksa apakah kekencangan dari bearing tersebut sudah bagus ataukah tidak dengan jalan mendongkrak bagian depan mobil, kemudian menggerak gerakkan ban. Bila timbul oblak bisa jadi bearing terlalu longgar dan perlu untuk disetel. Cara menyetelnya cukup mudah, silahkan bongkar bagian roda dan rapatkan mur penyetel bearing sampai benar benar rapat, kemudian kembali longgarkan mur penyetel sebanyak 1/8 putaran, hal ini menghindari agar tidak terlalu kencang karena bisa mengakibatkan bearing roda rusak.

3. Lakukan Pengecekan Bearing secara berkala, untuk mobil seperti isuzu panther dan juga ijang kapsul lakukanlah perawatan berkala berupa OH bearing yang bertujuan agar bearing terbebas dari kotoran serta memiliki masa pakai lebih lama.

Itulah tadi beberapa item perawatan bearing roda yang wajib anda lakukan dan perhatikan agar kondisi kaki kaki mobil tetap terawat dan awet.

Comments